system

Elogind dan Cgroup di Slackware 14.2

gnome-logo-hitamPada tulisan saya sebelumnya, WLSBuild Untuk GNOME 3.18, sudah terbukti bahwa GNOME3 dapat berjalan normal di Slackware 14.2. Yang belum saya tulis adalah bagaimana cara saya menjalankan servis logind dari elogind yang merupakan percabangan dari pengembangan systemd untuk sistem yang membutuhkan komponen logind tetapi tidak ingin memasang systemd. Sila kunjungi website pengembang elogind untuk informasi lebih lanjut mengenai elogind: https://github.com/wingo/elogind

w41lf0x Sun, 07/31/2016 - 14:11

Konfigurasi TMP Untuk Multiuser

Submitted by w41lf0x on Wed, 10/21/2015 - 01:54

slackwareSalah satu hal yang saya suka dari sistem operasi #Windows adalah soal pemisahan direktori TEMP (di #linux TMP) per-user. Banyak keuntungan yang dapat diperoleh dari skema ini. Keuntungan pertama adalah isolasi berkas temporer tiap user. Keuntungan kedua adalah turunan dari keutungan pertama tadi, yaitu lebih terjaminnya kinerja sebuah program karena berkas temporer yang digunakannya (terutama soket program) benar-benar hanya dapat diakses oleh sesi user yang menjalankannya meskipun di saat yang sama ada user lain yang menjalankan program yang sama. Jadi kita mendapatkan keuntungan dari sisi keamanan dan kenyamanan sekaligus. Tumben lho bisa baik2an seperti ini.

WLSBUILD: Pembaruan Paket OpenRC

Submitted by w41lf0x on Sun, 04/05/2015 - 06:04

slackwareSetelah saya rasa cukup mengutak-atik urutan #init di #openrc, saya mengubah nomer urut pembangunan paket openrc dari enam ke tujuh. Buat yang menggunakan paket openrc bikinanku silakan mengunduh skrip #SlackBuild openrc yang baru, versi 7. Buat yang tidak ingin mengubah paketnya, bisa juga menggunakan daftar urutan init berikut sebagai panduan:

Runlevel sysinit

Slackware Dengan OpenRC

Submitted by w41lf0x on Sat, 03/21/2015 - 00:49

slackwarePerang soal init sistem masih berlanjut sejak #RedHat cs mempublikasikan #systemd hingga tulisan ini dibuat. Meskipun penuh dengan kontroversi, saya mengakui bahwa systemd adalah sebuah sistem init yang bagus. Hanya saja karena saya tidak menyukai model kekuasaan sebuah sistem tunggal, jadi saya tidak tertarik dengan systemd. Selain systemd, masih ada sistem init yang lain, seperti:

Instalasi Slackware Di Mesin UEFI

Submitted by w41lf0x on Fri, 02/28/2014 - 15:59

slackwareMendadak dipinjami mesin yang lumayan baru dan benar-benar berat. Tetapi meskipun berat, mesin sangat kuat untuk komputasi. Daripada mesin ini berkarat dan menjadi tidak berguna, saya coba instalasi #Slackware ke dalamnya. Toh mesin ini juga tidak dilengkapi OS dari pabriknya saat saya terima. Pingin tahu bentuknya? Seperti inilah kira-kira penampakannya:

Pembaruan Spesifikasi Tabel GPT

Submitted by w41lf0x on Sat, 11/16/2013 - 02:57

slackwareSebelumnya saya pernah menulis tentang Konversi Tabel Partisi MBR ke GPT Menggunakan GPT Fdisk. Nah, sekarang saya ingin memperbarui dokumentasi tersebut karena muncul spesifikasi baru untuk #GPT utamanya untuk pengguna GPT yang melakukan konversi dari #MBR dan mesinnya masih belum menggunakan #UEFI atau masih menggunakan #BIOS.

Pindah Partisi ROOT FreeBSD

Submitted by w41lf0x on Wed, 08/28/2013 - 20:29

freebsd-logoSaya melakukan hal ini untuk memperbaiki filesystem ROOT yang tiba-tiba penuh hingga 108% tanpa diketahui sebabnya. Jika ingin mencobanya, silakan gunakan lingkungan virtual, misalnya di virtualbox. Saya juga menggunakan #virtualbox untuk menguji coba prosedur ini. Setelah saya yakin tidak ada masalah berarti yang timbul akibat prosedur ini, barulah saya menjalankannya di mesin yang asli.