slackbuilds

wlsbuild - GNOME 3.22 rc1

gnome-logo-hitamSelamat siang,

Diumumkan kepada khalayak bahwa skrip pembangun untuk desktop GNOME atau yang suka saya sebut sebagai wlsgnome telah masuk ke dalam status prarilis RC1. Wlsgnome versi RC ini digunakan untuk membangun desktop GNOME versi 3.22. Selain itu, saya sertakan juga skrip tambahan untuk membangun desktop Budgie versi 10.3 sebagai alternatif dari gnome-shell. Bukan tidak mungkin pembaca dapat memasang desktop Cinnamon yang dibuat oleh Pak Willy ke dalam instalasi GNOME ini. Rilis wlsgnome 3.22 rc1 ini memiliki alasan khusus yang tidak bisa ditawar-tawar. Rilis ini adalah sebuah keharusan, alasannya ada di paragraf berikutnya. Prarilis ini dapat diunduh melalui halaman ini:

w41lf0x Mon, 05/01/2017 - 12:29
Librenms, Sistem Pengawasan Komplit

librenms-logoSelamat pagi,

Kali ini saya akan mengulas sedikit mengenai sistem pengawasan jaringan dan server komplit yang bernama Librenms. Beberapa dari kita mungkin sudah terbiasa dengan sistem pengawasan jaringan dan server yang bernama Nagios, Munin, dan satu yang sering saya gunakan, yaitu Cacti. Meskipun berbeda-beda, tetapi semuanya masih menggunakan sebuah sistem database yang sama, RRDTool. RRD adalah sebuah sistem pencatatan data berurutan sesuai waktu, seperti tingkat penggunaan jaringan, jumlah akses, beban cpu, dan yang sejenisnya. Saya dan orang-orang yang menggunakan sistem monitoring berbasis RRD harus mengucapkan terima kasih yang banyak kepada Tobias Oetiker, pembuat RRDTool.

w41lf0x Thu, 04/20/2017 - 09:49
Beberapa Catatan Update Slackware Current per-13 April 2017

slackwarePerubahan 'massal' pada isi direktori 'l' atau library di repo current pada tanggal 13 April 2017 pukul 21:19:45 (UTC), menyebabkan banyak program-program eksternal seperti yang dibangun menggunakan skrip dari SlackBuilds.org atau program-program dari KDE5 milik AlienBOB harus disesuaikan atau diperbarui untuk mendukung pustaka versi baru tersebut. Beberapa program yang sering saya gunakan dan ikut terdampak adalah mysql-workbench, dan program gwenview dari plasma5 (AlienBOB). Mungkin masih ada beberapa program/pustaka lain yang terdampak, tetapi saya belum mengetahuinya. Yang jelas beberapa pustaka berikut ini, yang kebanyakan merupakan pustaka olah grafis, mengalami perubahan nama berkas:

w41lf0x Sun, 04/16/2017 - 12:59