btrfs

Revisi - Dual Slackware Current Dalam Satu Partisi

Submitted by w41lf0x on Tue, 07/25/2017 - 20:43

Sebelumnya saya menulis mengenai prosedur instalasi dual Slackware Current (x86, x86_64) dalam satu partisi menggunakan filesystem btrfs. Dalam prosedur tersebut saya memanfaatkan fitur subvolume dari btrfs sebagai lokasi DEVROOT untuk setiap OS yang saya pasang. Permasalahannya adalah skrip init mkinitrd Slackware belum mendukung subvolume meskipun telah mendukung filesystem btrfs.

Dual Slackware Current Dalam Satu Partisi

slackwareKali ini saya akan menulis secara singkat panduan untuk memasang dua OS slackware current berbeda arsitektur (32 dan 64 bit) ke dalam satu partisi menggunakan filesystem btrfs. Harap diingat bahwa kehati-hatian amat sangat diperlukan karena teknik ini memang tidak mudah dan bukan sebuah kondisi umum atau normal. Jadi jangan pernah mengharapkan teknik ini semudah anda memasang ubuntu atau fedora di mesin anda. Jika anda memang mengharapkan kemudahan, silakan stop di sini, tutup jendela atau tab berisi halaman ini, dan buka ubuntu.com atau getfedora.org.

w41lf0x Thu, 07/20/2017 - 06:55

Menggunakan BTRFS Sebagai Filesystem Utama Di Slackware

Submitted by w41lf0x on Wed, 04/23/2014 - 01:53

slackwareSudah pernah mendengar tentang #btrfs? Mungkin malah sudah ada yang mencobanya. Dalam tulisan ini saya akan menjelaskan pengalaman saya menggunakan filesystem btrfs sebagai filesystem utama (ROOTFS) untuk #slackware #linux 64-bit. Harap diingat, bahwa percobaan ini menggunakan sebuah kloning mesin virtual yang saya jalankan dalam emulator Qemu.

Menggunakan BTRFS untuk beberapa harddisk

Submitted by w41lf0x on Fri, 11/22/2013 - 18:40

slackwareSebelumnya saya pernah menulis mengenai menggunakan #btrfs di #Slackware. Hanya saja sebelumnya saya masih menggunakan satu harddisk untuk satu filesystem btrfs. Sekarang saya ingin menulis tentang penggunaan beberapa harddisk untuk btrfs. Setelah beberapa waktu menggunakan btrfs saya juga menemukan hal penting dalam hal partisi. Akan saya jelaskan di bawah.