filesystem

Revisi - Dual Slackware Current Dalam Satu Partisi

Submitted by w41lf0x on Tue, 07/25/2017 - 20:43

Sebelumnya saya menulis mengenai prosedur instalasi dual Slackware Current (x86, x86_64) dalam satu partisi menggunakan filesystem btrfs. Dalam prosedur tersebut saya memanfaatkan fitur subvolume dari btrfs sebagai lokasi DEVROOT untuk setiap OS yang saya pasang. Permasalahannya adalah skrip init mkinitrd Slackware belum mendukung subvolume meskipun telah mendukung filesystem btrfs.

Dual Slackware Current Dalam Satu Partisi

slackwareKali ini saya akan menulis secara singkat panduan untuk memasang dua OS slackware current berbeda arsitektur (32 dan 64 bit) ke dalam satu partisi menggunakan filesystem btrfs. Harap diingat bahwa kehati-hatian amat sangat diperlukan karena teknik ini memang tidak mudah dan bukan sebuah kondisi umum atau normal. Jadi jangan pernah mengharapkan teknik ini semudah anda memasang ubuntu atau fedora di mesin anda. Jika anda memang mengharapkan kemudahan, silakan stop di sini, tutup jendela atau tab berisi halaman ini, dan buka ubuntu.com atau getfedora.org.

w41lf0x Thu, 07/20/2017 - 06:55

Konfigurasi TMP Untuk Multiuser

Submitted by w41lf0x on Wed, 10/21/2015 - 01:54

slackwareSalah satu hal yang saya suka dari sistem operasi #Windows adalah soal pemisahan direktori TEMP (di #linux TMP) per-user. Banyak keuntungan yang dapat diperoleh dari skema ini. Keuntungan pertama adalah isolasi berkas temporer tiap user. Keuntungan kedua adalah turunan dari keutungan pertama tadi, yaitu lebih terjaminnya kinerja sebuah program karena berkas temporer yang digunakannya (terutama soket program) benar-benar hanya dapat diakses oleh sesi user yang menjalankannya meskipun di saat yang sama ada user lain yang menjalankan program yang sama. Jadi kita mendapatkan keuntungan dari sisi keamanan dan kenyamanan sekaligus. Tumben lho bisa baik2an seperti ini.

Menggunakan BTRFS Sebagai Filesystem Utama Di Slackware

Submitted by w41lf0x on Wed, 04/23/2014 - 01:53

slackwareSudah pernah mendengar tentang #btrfs? Mungkin malah sudah ada yang mencobanya. Dalam tulisan ini saya akan menjelaskan pengalaman saya menggunakan filesystem btrfs sebagai filesystem utama (ROOTFS) untuk #slackware #linux 64-bit. Harap diingat, bahwa percobaan ini menggunakan sebuah kloning mesin virtual yang saya jalankan dalam emulator Qemu.

Menggunakan BTRFS untuk beberapa harddisk

Submitted by w41lf0x on Fri, 11/22/2013 - 18:40

slackwareSebelumnya saya pernah menulis mengenai menggunakan #btrfs di #Slackware. Hanya saja sebelumnya saya masih menggunakan satu harddisk untuk satu filesystem btrfs. Sekarang saya ingin menulis tentang penggunaan beberapa harddisk untuk btrfs. Setelah beberapa waktu menggunakan btrfs saya juga menemukan hal penting dalam hal partisi. Akan saya jelaskan di bawah.

Pembaruan Spesifikasi Tabel GPT

Submitted by w41lf0x on Sat, 11/16/2013 - 02:57

slackwareSebelumnya saya pernah menulis tentang Konversi Tabel Partisi MBR ke GPT Menggunakan GPT Fdisk. Nah, sekarang saya ingin memperbarui dokumentasi tersebut karena muncul spesifikasi baru untuk #GPT utamanya untuk pengguna GPT yang melakukan konversi dari #MBR dan mesinnya masih belum menggunakan #UEFI atau masih menggunakan #BIOS.

Pindah Partisi ROOT FreeBSD

Submitted by w41lf0x on Wed, 08/28/2013 - 20:29

freebsd-logoSaya melakukan hal ini untuk memperbaiki filesystem ROOT yang tiba-tiba penuh hingga 108% tanpa diketahui sebabnya. Jika ingin mencobanya, silakan gunakan lingkungan virtual, misalnya di virtualbox. Saya juga menggunakan #virtualbox untuk menguji coba prosedur ini. Setelah saya yakin tidak ada masalah berarti yang timbul akibat prosedur ini, barulah saya menjalankannya di mesin yang asli.

Multiboot USB A La Walesa

Submitted by w41lf0x on Mon, 06/03/2013 - 23:58

USB FlashdiskKedatangan dua #PC yang butuh perhatian ekstra (tidak rusak, hanya perlu perbaikan) di rumah ternyata membawa berkah. PC pertama data-datanya hilang karena keliru dalam prosedur instalasi, yang kedua berkas-berkas di dalam partisi #NTFS wajib terhapus bila #Windows 7 di dalamnya di-boot. Masalah yang pertama adalah mencoba mengambil data-data yang bisa diambil.