Revisi - Dual Slackware Current Dalam Satu Partisi

Submitted by w41lf0x on Tue, 07/25/2017 - 20:43

Sebelumnya saya menulis mengenai prosedur instalasi dual Slackware Current (x86, x86_64) dalam satu partisi menggunakan filesystem btrfs. Dalam prosedur tersebut saya memanfaatkan fitur subvolume dari btrfs sebagai lokasi DEVROOT untuk setiap OS yang saya pasang. Permasalahannya adalah skrip init mkinitrd Slackware belum mendukung subvolume meskipun telah mendukung filesystem btrfs.

Nah setelah update di repo Slackware current pertanggal 18 Juli 2017 UTC (19 Juli 2017 WIB), skrip init pada program mkinitrd telah mengakomodasi parameter ROOTFLAGS yang sangat diperlukan untuk mem-boot Linux di dalam subvolume btrfs. Parameter rootflags ini akan ditulis ke dalam konfigurasi boot loader di bagian boot kernel. Parameter ini kemudian akan diekspor ke init dan digunakan untuk menentukan lokasi devroot dari subvolume-subvolume btrfs yang ada.

Jadi jika anda sudah melakukan update Slackware current setelah tanggal 19 Juli 2017, anda tidak perlu menjalankan pembuatan initrd sebanyak dua kali serta tidak usah mengedit fstab dari initrd-tree. Langsung saja siapkan initrd:

mkinitrd -c -k VERSI_KERNEL -r /dev/sdaX -f btrfs -m btrfs -o initrd-VERSI_KERNEL

Jangan lupa membuat initrd untuk OS Slackware yang satunya atau yang ketiga, keempat, kelima, dan seterusnya sampai 120 OS kalau mau. Lalu copy-kan kernel dan initrd untuk OS yang lainnya ke dalam partisi /boot. Buat kembali grub.cfg

grub-mkconfig -o /boot/grub/grub.cfg

Jangan lupa ubah subvolume untuk tiap kernel dan OS yang akan digunakan. Jangan sampai keliru, misalnya menggunakan subvolume slackware32 tapi kernelnya milik slackware64. Kalau arch-nya sama sih ndak masalah.

Selamat mencoba.