Perbaikan Login Budgie Desktop Dari GDM

Submitted by w41lf0x on Tue, 05/02/2017 - 13:17

gnome-logo-hitamSetelah melakukan debug selama dua hari terhadap kegagalan login budgie-dektop melalui GDM, akhirnya diputuskan bahwa polkit milik Slackware harus diganti (dibangun ulang) untuk mendukung pam dan elogind. Hal ini diketahui dari log debug GDM yang menyebutkan bahwa gnome-settings-daemon tidak dapat memperoleh daftar sesi desktop setelah melakukan query ke elogind. Akibatnya gnome-settings-daemon mengirimkan pesan ERROR yang selanjutnya direspon oleh budgie-wm dan budgie-desktop dengan menutup sesi desktop yang sedang berjalan (SIGQUIT/SIGTERM). Inilah sebabnya jika saya login ke budgie-desktop via GDM, pada saat budgie-wm mulai berjalan, sesi desktop akan langsung selesai dan kembali ke halaman login GDM. Selalu begitu.

Secara default polkit Slackware akan mendaftarkan sesi desktop ke consolekit2, karena polkit Slackware memang hanya dibangun dengan dukungan consolekit2 saja. Saat saya login ke budgie-desktop melalui startx, sesi dapat berjalan normal karena budgie-desktop dapat melihat sesi yang sedang berjalan dengan mengirimkan query via polkit ke consolekit2. Lain halnya jika saya login melalui GDM. Secara default GDM akan menggunakan elogind sebagai pencatat sesi user. Sama sekali tidak memanggil consolekit2. Jadi permasalahan tersebut dipicu karena salah kamar saja.

elogin-sessions

Jadi supaya budgie-desktop juga memakai elogind, maka polkit Slackware harus dibangun ulang dengan dukungan pam dan elogind sebagai pencatat sesi desktop. Sekarang budgie-desktop selalu mendaftarkan sesi desktop melalui polkit ke elogind, baik jika saya login via GDM maupun startx.

Perbaikan sudah saya kirimkan ke repo wlsgnome di github, dan saya tandai sebagai rilis wlsgnome-3.22-rc2. Sila diunduh dan diekstraksi, kemudian bangun ulang elogind dan polkit seperti ini:

cd LOKASI/wlsgnome-3.22-rc2

UPGRADE_PACKAGES="always" ./gnome3.SlackBuild deps elogind:polkit

slackpkg new-config

Setelah itu reboot.

Selamat mencoba.