wlsbuild - GNOME 3.22 rc1

Submitted by w41lf0x on Mon, 05/01/2017 - 12:29

gnome-logo-hitamSelamat siang,

Diumumkan kepada khalayak bahwa skrip pembangun untuk desktop GNOME atau yang suka saya sebut sebagai wlsgnome telah masuk ke dalam status prarilis RC1. Wlsgnome versi RC ini digunakan untuk membangun desktop GNOME versi 3.22. Selain itu, saya sertakan juga skrip tambahan untuk membangun desktop Budgie versi 10.3 sebagai alternatif dari gnome-shell. Bukan tidak mungkin pembaca dapat memasang desktop Cinnamon yang dibuat oleh Pak Willy ke dalam instalasi GNOME ini. Rilis wlsgnome 3.22 rc1 ini memiliki alasan khusus yang tidak bisa ditawar-tawar. Rilis ini adalah sebuah keharusan, alasannya ada di paragraf berikutnya. Prarilis ini dapat diunduh melalui halaman ini:

https://github.com/w41l/gnome/releases/tag/wlsgnome-3.22-rc1

Berikut ini beberapa tangkapan layar dari desktop GNOME dan Budgie di PC ini:

budgie-desktop gnome-3.22-resources gnome-shell gnome-control-center gnome-apps

Rilis ini sebenarnya disebabkan oleh sebuah anomali setelah saya memperbarui instalasi KDE5 dari AlienBob di PC saya. Permasalahan tersebut terkait dengan suatu kebocoran RAM dari sebuah atau beberapa program atau pustaka. Sampai sekarang saya belum mengetahui program atau pustaka apa yang menyebabkan masalah ini. Yang jelas setiap kali saya masuk ke desktop, setelah beberapa jam RAM dan SWAP akan penuh 100%, dan PC saya ini berhenti bekerja. Sebelumnya saya menduga kalau kernel linux 4.10.12-bfq yang bermasalah. Tetapi teman-teman sesama pengguna Slackware yang mencoba menggunakan kernel tersebut tidak menemui masalah serupa. Saya belum pernah menemukan permasalahan serupa di tempat lain. Di laptop saya juga tidak muncul masalah apapun. Kejadian tersebut hanya terjadi di PC yang saya pakai untuk mengetik artikel ini saja. Kena kutukan apa lagi ini...

Jadi meskipun saya ingin menunggu perkembangan Budgie lebih lama lagi sejak pengembang Budgie berencana mengganti framework GTK ke Qt, tetapi karena alasan yang sangat penting tersebut, prarilis rc1 ini muncul. Walaupun GDM masih belum dapat berjalan normal, login terkadang bisa tetapi seringnya sih tidak bisa :-P , keputusan ini tetap saya ambil, toh saya coba menjalankan desktop GNOME atau Budgie dari init 3 (modus teks) normal, tidak ada masalah apapun, bahkan penguncian layar juga tetap dapat berjalan.

Silakan dicoba dan dioprek. Jangan lupa untuk selalu membaca README dari wlsgnome. Jika ada masalah dalam instalasi atau penggunaan, pembaca bisa melayangkan pertanyaan di sini ataupun di pelaporan isu wlsgnome di github.

Selamat mencoba