Beberapa Catatan Update Slackware Current per-13 April 2017

Submitted by w41lf0x on Sun, 04/16/2017 - 12:59

slackwarePerubahan 'massal' pada isi direktori 'l' atau library di repo current pada tanggal 13 April 2017 pukul 21:19:45 (UTC), menyebabkan banyak program-program eksternal seperti yang dibangun menggunakan skrip dari SlackBuilds.org atau program-program dari KDE5 milik AlienBOB harus disesuaikan atau diperbarui untuk mendukung pustaka versi baru tersebut. Beberapa program yang sering saya gunakan dan ikut terdampak adalah mysql-workbench, dan program gwenview dari plasma5 (AlienBOB). Mungkin masih ada beberapa program/pustaka lain yang terdampak, tetapi saya belum mengetahuinya. Yang jelas beberapa pustaka berikut ini, yang kebanyakan merupakan pustaka olah grafis, mengalami perubahan nama berkas:

  • LibRaw
  • imagemagick
  • jasper
  • libvncserver
  • poppler

Gwenview tidak dapat bekerja akibat perubahan versi pustaka libraw ke 0.18.2 yang mengubah versi .so dari 15 ke 16. Perubahan ini menyebabkan hilangnya tautan simbolis (symlink) libraw.so.15, berganti menjadi libraw.so.16 yang merujuk pada libraw.so.16.0.0. Sedangkan mysql workbench tidak dapat bekerja akibat perubahan yang sama terhadap pustaka Jasper yang menyebabkan libgdal tidak dapat bekerja/dibuka. Mungkin juga beberapa program pembaca PDF dapat menjadi gagal dibuka akibat perubahan pada pustaka poppler.

Sehubungan dengan perubahan ini, saya mengucapkan terima kasih untuk Pak Willy buat patch pada gdal.SlackBuild untuk pengguna Slackware Current. Saya sudah dapat menggunakan mysql workbench kembali. Terima kasih juga pada AlienBOB yang sudah mengeluarkan paket-paket KDE5 miliknya yang telah dibangun menggunakan pustaka terbaru dari Slackware Current.