Film Layak Tonton: Earth From Space

Submitted by w41lf0x on Thu, 03/14/2013 - 01:58

NatGeoistri sibuk menyimak tayangan di National Geographic yang berjudul Earth From Space. Meskipun menggunakan judul Bumi Dari Angkasa, tetapi sebenarnya kajian-kajian di dalam film berdurasi 91 menit ini adalah tentang mekanisme-mekanisme yang terjadi di bumi untuk menjaga keseimbangan ekosistem dan kehidupan di bumi. Pandangan dan hasil jepretan kamera satelit-satelit pengamat bumi nun jauh di atas sana membantu kita untuk memandang kejadian-kejadian dan proses-proses bio-fisik-kimia secara global. Pandangan secara global tersebut memudahkan kita untuk memahami korelasi antarkejadian atau antarproses yang sebelumnya hanya kita kira berdampak secara lokal di lokasi sekitar kita. Anda mungkin akan tercengang jika baru menontonnya pertama kali (seperti saya).

Bayangkan saja bahwa antartika atau kutub selatan yang merupakan tempat gelap dan dingin ternyata berperan sangat penting untuk "mendinginkan" samudra, "memasak" makanan bagi penghuni-penghuni laut (plankton hingga ikan besar) sekaligus ikut serta mengirimkan hasil masakannya tersebut ke seluruh penjuru lautan. Atau mengapa bumi "harus" memiliki gurun pasir nan kering dan panas? Atau mengapa oksigen itu mudah terbakar dan apa hubungannya dengan ekosistem-ekosistem di daerah-daerah dingin yang kebanyakan dihuni pohon-pohon berdaun jarum? Kenapa pula "harus" pepohonan berdaun jarum yang tumbuh di daerah-daerah hutan beku? Apa pengaruh matahari buat bumi, selain memberikan cahaya dan panasnya untuk fotosintesis tetumbuhan hijau? Apa pula hubungan petir yang menggelegar dengan matahari?

Anda bisa merasakan bagaimana njelimetnya mekanisme yang diciptakan Tuhan untuk menjaga bumi dan mahluk hidup di dalamnya dalam film ini. Jadi tunggu apa lagi segera saja tonton film ini sebelum dihapus oleh Youtube. Lebih baik lagi sih, sampeyan beli DVD-nya lalu saya pinjam kalau boleh.

Selamat menonton dan tercengang....

Tags