AMD Catalyst 13.4 - Solusi Framebuffer Konsol Hilang

Submitted by w41lf0x on Sun, 05/05/2013 - 05:09

Sejak saya menggunakan #AMD #Catalyst 13.4, konsol modus teks saya menjadi tak terlihat. Hanya layar gelap tanpa tulisan apa-apa jika X dijalankan. Jadi jika saya menjalankan X dari init 3 dengan startx, maka setelah itu konsol teks tak terlihat lagi. Sehingga saya tidak dapat menggunakan konsol teks hingga saya me-reboot #Slackware.

Hal ini terjadi karena driver fglrx tidak dapat menginisialisasi framebuffer akibat perubahan pada kernel Linux yang menghapus user modesetting (UMS) dan menggantinya dengan kernel modesetting (KMS). Nah, masalahnya driver-driver eksternal masih tidak ingin menggunakan #KMS dan masih mengharapkan UMS tersedia sehingga framebuffer dapat dikontrol oleh driver X. Ya inilah yang disebut sebagai nasib.

Jadi untuk mengatasi permasalahan tersebut kita harus mendefinisikan ukuran framebuffer yang ingin kita gunakan pada saat booting. Tetapi harap diingat bahwa solusi ini adalah sementara dan sebenarnya prosedur ini tidaklah "cocok" digunakan pada kernel yang menggunakan KMS. Tetapi daripada konsol teks hilang dari pandangan, apa boleh buat.

Beginilah cara saya mendefinisikan ukuran framebuffer pada #grub2 supaya driver fglrx tidak bingung lagi:

Tambahkan baris-baris berikut ke dalam file /etc/default/grub:

# Sesuaikan ukuran framebuffer untuk layar anda:
GRUB_GFXMODE=1366x768x32
GRUB_GFXPAYLOAD_LINUX=keep

Kemudian buat ulang konfigurasi grub.cfg:

# grub-mkconfig -o /boot/grub/grub.cfg

Lalu reboot sistem.

Pengguna lilo dapat menggunakan/mengaktifkan parameter vga=xxx di /etc/lilo.conf, kemudian reinstall lilo ke MBR.

Sekarang konsol teks saya muncul kembali dan bisa saya gunakan.

Selamat mencoba.