PDF Writer LibreOffice Gagal Mengubah Resolusi Gambar

Submitted by w41lf0x on Sat, 03/21/2015 - 17:24

slackwareBeberapa waktu lalu saya diminta untuk mengirim dokumen berformat #PDF. Di dalam dokumen tersebut ada gambar yang harus saya tempelkan. Oke saya buatlah dokumen tersebut dengan #LibreOffice Writer sehingga nantinya bisa saya ekspor ke PDF. Setelah dokumen jadi, langsung saja saya klik tombol ekspor ke PDF di panel LibreOffice yang langsung membuat dokumen PDF. Tanpa mengecek dokumen PDF tersebut, saya langsung mengirimkannya ke rekan saya. Ternyata dilaporkan gambar yang ada dalam dokumen tersebut tidak dapat dibaca. Lho... lho... Ada apa gerangan ini? Penasaran, saya buka dokumen PDF tersebut dengan PDF viewer. Ternyata benar gambarnya hancur.

libreoffice-pdf-writer-03_0 libreoffice-pdf-writer-04

Setelah aku selidiki ternyata konfigurasi PDF writer di LibreOffice-ku memuat opsi untuk menurunkan kepadatan gambar ke 300 dpi seperti berikut:

libreoffice-pdf-writer-01

Aku coba berulang kali dan memang jika opsi tersebut aktif, maka gambar yang dihasilkan di dokumen PDF menjadi hancur. Gambar yang punya potensi untuk hancur adalah gambar yang berukuran besar: Gambar berukuran relatif kecil tidak mengalami hal serupa.

libreoffice-pdf-writer-02

Akhirnya aku nonaktifkan opsi tersebut, dan gambar tetap utuh di dokumen PDF.

Ada yang pernah mengalami hal serupa?