Benchmark Unigine Valley di PRIME DRI2 dan DRI3

Submitted by w41lf0x on Thu, 12/10/2015 - 20:01

slackwareJika sebelumnya saya menguji kekuatan sistem grafis Slackware64 Current dengan menggunakan Unigine Valley Windows melalui WINE, maka berikut ini adalah hasil pengujian menggunakan Unigine Valley untuk Linux. Berikut ini adalah tangkapan layar dari pengujian tersebut:

PRIME=1 DRI2

postimage postimage

PRIME=1 DRI3

postimage postimage

Dan berikut ini adalah simpulan dari hasil pengujian menggunakan WINE dan NATIVE LINUX dari Unigine Valley Benchmark v1.0

postimage  postimage  postimage

Dari hasil benchmark dapat saya simpulkan bahwa DRI2 dan DRI3 tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja d3dadapter9 (WINE NINE). Akan tetapi NINE sangat berpengaruh terhadap kinerja WINE dan temperatur CPU. Hal yang menarik di sini mungkin Unigine Valley Benchmark memang lebih optimal dijalankan di Windows daripada Linux. Unigine Valley native linux masih kalah (meskipun kecil jaraknya) daripada yang versi Windows. Jadi apakah DirectX masih lebih baik daripada OpenGL? Atau perbedaan tersebut hanya karena perbedaan mekanisme penghitungan FPS antara Windows dan Linux?

Jika melihat perbedaan yang signifikan pada temperatur CPU dari WINE NINE vs NATIVE Linux saya lebih memilih pertanyaan saya yang pertama. Bisa jadi DirectX lebih efisien daripada OpenGL dalam hal mengalokasikan sumber daya CPU, GPU, dan RAM. Artinya DirectX lebih mampu memilah dan mengolah data grafis sehingga dapat mengurangi penggunaan CPU secara drastis ketimbang OpenGL. Ada komentar?