mariadb

MaxScale - Memisahkan Akses Baca-Tulis

Setelah tulisan mengenai instalasi, berikutnya saya ingin bercerita mengenai konfigurasi #MaxScale untuk memisahkan akses baca-tulis #database. Dalam skenario ini saya akan menggunakan tiga database, satu database master dan dua database slave. Database slave merupakan replikasi dari database master, artinya apapun yang berubah di dalam database master akan direplikasi ke dalam database slave menggunakan fasilitas replikasi dari database. Silakan baca-baca sendiri mengenai prosedur replikasi database karena ada beberapa model replikasi. Nanti pembahasannya bisa panjang dan guru-guru TIK bisa sumringah kalau saya tulis lengkap, materi pembelajaran lengkap gratis.

w41lf0x Fri, 12/18/2015 - 04:24
MaxScale - Memaksimalkan Kinerja Sistem Database

Tulisan ini saya mulai dengan membatasi permasalahan pada aplikasi berbasis web dan #database #mysql atau #mariadb.Bayangkan anda memiliki empat server database. Satu server berjalan sebagai master database di mana user melakukan penulisan ke database, dan tiga lainnya adalah server replikasi dari master tadi, biasanya disebut database slave. Nah lalu bagaimana sebuah aplikasi dapat menggunakan semua sumber daya tadi secara bersamaan? Misalnya jika ingin menulis data maka harus masuk ke server master, sedangkan jika hanya membaca data cukup dilakukan di server-server slave. Bisa saja kita menetapkan definisi server A adalah master untuk baca-tulis, server B, C, D adalah slave untuk baca-saja di aplikasi. Tetapi jika salah satu mesin mengalami perbaikan, perubahan konfigurasi, gangguan atau kerusakan bisa-bisa aplikasi ikut mengalami kegagalan hanya karena satu server slave tidak bisa diakses. Atau jika kita menambahkan satu mesin database lagi ke sistem sedangkan konfigurasi di aplikasi tidak diperbarui, bisa jadi satu mesin database tersebut menganggur sampai tiba waktunya untuk pensiun. Tentunya hal tersebut bukanlah solusi ideal.

w41lf0x Fri, 12/18/2015 - 00:19
MySQL - Mencegah Pembengkakan Ibdata

Ada yang pakai #InnoDB untuk databasenya? Pernah merasa kalau berkas ibdata* membengkak seiring dengan pertumbuhan data? Meskipun kemudian database dihapus, berkas ibdata* masih berukuran raksasa? Hal ini sering terjadi utamanya jika kita memiliki banyak #database yang menggunakan InnoDB, apalagi jika data yang tersimpan sudah mencapai jutaan atau lebih. Kondisi ini tidak akan menjadi masalah apabila satu atau lebih database dengan InnoDB kita hapus dan berkas ibdata* ikut menyesuaikan diri alias menyusut. Tetapi kenyataannya tidaklah demikian.

w41lf0x Thu, 10/10/2013 - 03:04