April 2017

OpenBenchmark - BFQ Storage-I/O Scheduler

slackwareSebelumnya saya hanya mengunggah dua buah video dalam percobaan menggunakan I/O Scheduler BFQ. Sekarang saya mengunggah hasil benchmark menggunakan fasilitas benchmark dari Phoronix Test Suite. Phoronix Test Suite adalah peralatan pengujian komputer yang berlisensi opensource dengan sistem pengujian terstandarisasi dan dapat diduplikasi oleh siapapun. Pengujian saya juga dapat diduplikasi oleh pembaca dengan memasang program benchmark Phoronix Test Suite dan kemudian menjalankan perintah berikut ini:

w41lf0x Fri, 04/28/2017 - 16:33
Percobaan Memakai BFQ Storage-I/O Scheduler

slackwareBFQ Storage-I/O Scheduler adalah sistem scheduler baru yang sampai saat ini masih menjadi 'orang luar' dari kernel linux. BFQ dikembangkan pertama kali pada tahun 2008 oleh Paolo Valente dan Fabio Checconi. Sejak pertama kali keduanya mengirimkan patch BFQ ke LKML hingga sekarang, BFQ tidak pernah mendapat tempat resmi di kernel linux. Diterima sebagai modul kernel pun tidak. Luar biasa. Sampai-sampai ada satu komentar di forum Phoronix mengenai rencana penerimaan BFQ ke dalam kernel linux untuk pertama kalinya membuat saya mesem pagi ini. Saya harus angkat jempol untuk keduanya yang tetap tidak menyerah dan bahkan bisa memperoleh banyak dukungan terutama dari kalangan pengembang perangkat-perangkat mobile.Perangkat-perangkat berdaya rendah tersebut memang sangat membutuh sistem I/O scheduler yang dapat meminimalisir I/O blocking hingga sekecil-kecilnya.

w41lf0x Sat, 04/22/2017 - 08:56
Librenms, Sistem Pengawasan Komplit

librenms-logoSelamat pagi,

Kali ini saya akan mengulas sedikit mengenai sistem pengawasan jaringan dan server komplit yang bernama Librenms. Beberapa dari kita mungkin sudah terbiasa dengan sistem pengawasan jaringan dan server yang bernama Nagios, Munin, dan satu yang sering saya gunakan, yaitu Cacti. Meskipun berbeda-beda, tetapi semuanya masih menggunakan sebuah sistem database yang sama, RRDTool. RRD adalah sebuah sistem pencatatan data berurutan sesuai waktu, seperti tingkat penggunaan jaringan, jumlah akses, beban cpu, dan yang sejenisnya. Saya dan orang-orang yang menggunakan sistem monitoring berbasis RRD harus mengucapkan terima kasih yang banyak kepada Tobias Oetiker, pembuat RRDTool.

w41lf0x Thu, 04/20/2017 - 09:49
Beberapa Catatan Update Slackware Current per-13 April 2017

slackwarePerubahan 'massal' pada isi direktori 'l' atau library di repo current pada tanggal 13 April 2017 pukul 21:19:45 (UTC), menyebabkan banyak program-program eksternal seperti yang dibangun menggunakan skrip dari SlackBuilds.org atau program-program dari KDE5 milik AlienBOB harus disesuaikan atau diperbarui untuk mendukung pustaka versi baru tersebut. Beberapa program yang sering saya gunakan dan ikut terdampak adalah mysql-workbench, dan program gwenview dari plasma5 (AlienBOB). Mungkin masih ada beberapa program/pustaka lain yang terdampak, tetapi saya belum mengetahuinya. Yang jelas beberapa pustaka berikut ini, yang kebanyakan merupakan pustaka olah grafis, mengalami perubahan nama berkas:

w41lf0x Sun, 04/16/2017 - 12:59
Selamat Petang

Selamat petang,

Lama tidak berjumpa ya?

Bagaimana kabarnya? Baik-baik saja, kan?

w41lf0x Wed, 04/05/2017 - 18:01
Tags